Andilala
Universitas Gunadarma
Ahmad nasher
Cara Bikin Knalpot Motor Sendiri Untuk Semua Merek
Penting memang untuk mengetahui cara membuat knalpot motor semua merek sehingga bikers bisa berkreasi menurut keinginan da kebutuhan karena tahu akan proses proses pembuatan yang lengkap dan jelas. Anda bisa membuat knalpot semua varian sepeda motor dengan merek terkenal semisal Honda beat, Yamaha Jupiter MX, Suzuki Satria FU, atau merek yang tersohor lainnya yaitu, Yoshimura, Ninja, R9, CLD, AHRS, Racing, Vespa dan seterusnya.
Kita awali pembahasan cara membuat peredam knalpot motor sendiri ini denga memahami rumus pembuatan knalpot, persiapan, tahapan praktis pembuatan, sampai dengan cara memasang dan setting knalpot yang pada motor kesayangan sobat.
Teori Atau Rumus Cara Bikin Knalpot Motor Sendiri
Inilah cara membuat knalpot sepeda motor untuk merek R9, CLD dan Ninja, yaitu :
Teori yang harus dihapal dan diketahui =
L = 850 x ET / (Max RPM 3)
L = Panjang Pipa Knalpot yang akan dibuat
ET = Exhaust Timing, waktu terbukanya klep buang pra TMB
MAX RPM = Putaran mesin untuk mendapat tenaga maksimal
Contoh soal, apabila mesin sepeda motor timing exhaust pada 70° sebelum TMB dan rpm maksimal 8000, cara menghitung panjang knalpot yaitu :
L = (850 x 70)/(8000/3)
L = 22.31 inches atau 586,7 mm
Sedangkan untuk teori perhitungan lebar pipa knalpot =
D = sqrt (CC/((L + 3)x25))x 2.1
D = Diameter pipa knalpot yang dibuat
CC = Kapasitas silindernya,
L = panjang knalpot yang sudah dihitung
Kesimpulan:
Sekarang kita masuk langkah praktis cara bikin knalpot motor semua merek, yaitu
1. Anda ukut knalpot dimulai sambungan pipa di mesin kepala menujut kaki pasak kemudian ke arah belakang. Gambar sketsa sebagai patokan dalam membuat knalpot sepeda motor.
2. Anda membuat template dengan ukuran penuh knalpot pada karton dan lebih baik tripleks. Gunakan spidol supaya ukuran sesuai. Template gambar harus dibuat untuk beberapa pandangan atau sisi supaya mudah pengerjaan selanjutnya.
3. Anda siapkan tabung pembuangan yang sudah dibeli dengan panjang yang pas. Pakai pita fleksibel dalam pengukurannya. Supaya lebih aman maka lebihkan sekitar 5 cm lebih panjang guna jaga-jaga ada kekurangan ke depan.
4. Gambar menggunakan spidool untuk semua tikungan. Anda lebihkan sekitar 2 cm untuk bagian pipa kepala knalpot supaya tabung nanti bisa dimasukkan.
5. Anda memanaskan pipa supaya mudah dibengkokkan mengkuti tanda tikungan yang dibuat tadi. Sesudah lekukan dibuat maka tinggal melanjutkan cara memasang knalpot motor agar sesuai dengan posisinya.
6. Selanjutnya Anda memasang berbagai komponen di dalam knalpot untuk semua merek yaitu : kepala silinder knalpot, exhaust manifold atau exhaust header, catalytic converter, knalpot motor, muffler atau peredam suara, dan terakhir Turbocharger.
Sumber: www.otokawan.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar