Kamis, 17 November 2016

Pembuatan Helm AGV Valentino Rossi.







Andilala

Universitas Gunadarma

Ahmad nasher

  

Bahan pembuatan helm (AGV) Valentino Rossi

Helm-helm unik milik Valentino Rossi selama karir balapnya di MotoGP dari tahun 1996 sampai 2010. Sangat artistik dan cenderung unik, melihat corak warna dan gambar yang ditampilkan. Entah apa maksud dan tujuan The Doctor mendesain helm-helmnya seperti itu. Tapi tetaplah sangat berkesan dan artistik, terlebih karena yang menggunakannya adalah Valentino "The Doctor" Rossi.

Bahan helm Valentino Rossi
Bahan helm sendiri terbuat dari Super-Super Light (SSL) Carbon-Kevlar … jadi sangat ringan namun kuat. Ringan itu perlu agar kepala tidak terbeban helm yang berat dan kuat itu perlu untuk menahan benturan. Helm AGV ini sudah mendapat sertifikat dari Snell dimana sertifikat Snell ini lebih tinggi dibandingkan dengan DOT. Hanya helm-helm tertentu saja yang lulus sertifikasi Snell seperti Nolan, Shoei, Arai, etc.
Tali helm AGV ini terikat model DD Ring bukan model click. DD Ring ini menjamin sekali tali terikat sangat kuat tidak mungkin molor . Hal ini menjamin helm tidak oblaak gara-gara tali molor. Satu lagi standard DD Ring ini merupakan standard circuit. Bagian kacanya itu anti fog dan anti scracth + UV protect sehingga kalau jalan dalam keadaan hujan tidak berembun yang mengganggu pandangan mata. Gimana jika ada cipratan hujan yang kadang-kadang juga kotor??? Jangan khawatir ada removable tear-off jadi ada seperti lapisan plastic yang bisa dibuang mirip seperti racer MotoGP yang lagi berlaga ketika wet race.
Daleman helm’y ??? Liner nya menggunakan technology dari Dupont yaitu Cool Max. Technology dari Dupont ini memang sudah terkenal bisa membuat kulit kepala nyaman, mudah menyerap keringat, dan improve sirkulasi udara. Sirkulasi udara juga lancar dengan konsep Integrated Ventilation Systehttps://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8460631863430256519#editor/target=post;postID=5777119054152184519m (IVS) yang menyatu dengan shell nya. Padding nya gampang dibuka dan bisa dicuci.

Kesimpulan: Helm ini memang relatif mahal seharga USD 670, namun berapa harga kepala plus otak kita??? Dan berapa harga nyawa yang bisa terselamatkan!!! Atau rasa kehilangan yang sangat mendalam (teringat orang-orang yang nyawanya melayang, kepalanya hancur padahal pakai helm full face) dari orang-orang disekitar kita jika nyawa melayang . Jika pembaca mempunyai cukup uang untuk helm ini, apakah kalian akan memakainya untuk ridding motor atau cuma jadi pajangan di kamar aja??? Atau mau beli helm SNI aja??? Itu terserah pada kalian…

Sumber:
monicalaurence.blogspot.com/2010/05/bahan-pembuatan-helm-agv-valentino.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar